Membuat lampu otomatis menggunakan arduino dan RTC (Untuk 2 lampu)

Selamat siang teman-teman

Kali ini saya mau share soal membuat lampu otomatis di rumah untuk 2 titik.
lampu ini di gunakan untuk lampu luar rumah dan dikendalikan dengan arduino dan RTC sebagai waktu nyala dan matinya.

Blok diagramnya seperti di bawah ini.
Blok diagram kontrol lampu
Material yang saya pakai adalah:
- Arduino Nano                    1 pcs
- RTC DS1307                     1 pcs
- LCD 16x2                          1 pcs
- Tombol Push button          3 pcs (atas, bawah, enter)
- Box panel putih                 1 pcs
- Relay modul 12V              2 pcs
- Power supply 5V               1 pcs
- Box Relay besar                1 pcs
- Konektor lampu + listrik   3 pcs
- Terminal USB female       2 pcs
- Kabel koneksi                    secukupnya

Untuk wiring diagram, pin yang digunakan bebas. wiringnya saya lupa.
Saya ambil gambarnya setelah sudah dirakit. begini gambarnya.
Tampak belakang wiring
Kemudian tutup dengan cover belakang dan beri double tape agar bisa di tempel di dinding.
Tampak belakang dengan cover
Tampak depan
Kasih tanda untuk 3 tombol kontrolnya.
Tombol naik, tombol turun, tombol enter
Ketiga tombol ini untuk pemilihan menu dan setting jam, tanggal dan kapan nyala dan kapan mati untuk masing-masing lampu.

Waktunya untuk buat program untuk arduinonya.
Program akan saya upload kemudian.

Bentuk menu pada kontrolnya seperti di bawah:
Setting Jam
   Setting jam
   Setting Menit
   Setting Detik
Setting Tanggal
   Setting Tanggal
   Setting Bulan
   Setting Tahun
Setting Lamp 1
   Time Lamp On
   Time Lamp Off
   Exit
Setting Lamp 2
   Time Lamp On
   Time Lamp Off
   Exit
Setting all lamp
   Time Lamp On
   Time Lamp Off
   Exit
Exit

Untuk tampilan runningnya adalah seperti berikut
Tampak depan tampilan nyala
Tampilan saat nyala, ada jam, ada tanggal, dan status lamp 1 dan lampu 2.
Status lampu ini akan mengikuti kondisi lampu.
Jika lampu nyala, maka status jadi ON, jika lampu mati, maka status menjadi OFF.

Program juga harus di setting untuk menghindari saat mati listrik.
Program harus bisa mengenali kondisi terakhir dan di bandingkan dengan settingan nyala dan matinya lampu.

Lampu 1 dan lampu 2 bisa di setting dengan waktu nyala dan waktu mati yang berbeda-beda.
dan juga bisa di setting secara bersamaan nyala dan matinya.

Jika akan setting alat, maka tekan tombol enter --> pilih menu dengan menaikkan atau menurunkan arah kursor ke atas atau ke bawah. kemudian enter untuk masuk ke menu pilihan.
Jika akan keluar, tekan menu exit untuk kembali ke menu awal.

Untuk coding lampu otomatis. silahkan berkunjung ke channel youtube saya:
https://www.youtube.com/watch?v=gbHIw7qdil0
Atau disini.

Codingnya silahkan disini
Download coding
atau disini.

Sekian dulu penjelasan dari saya.
Silahkan tinggalkan komen jika ada yang kurang jelas.

Comments

  1. Replies
    1. boleh bos. kirim alamat emailnya bos. nanti ane kirim.

      Delete
    2. dah ane kirim email ya bos.
      Sori lama banget. baru ketemu filenya. nyelip di folder yg namanya aneh. jadi ngga ketahuan.

      Delete
  2. tolong kirim rangkaian dan programnya ke email ane bang di adam.muhammad1998@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk rangkaiannya ane kagag gambar bos. jadi kemarin itu langsungan aja. jadi ngga sempet gambar. untuk programnya nanti ane cari dulu ya bos.

      Delete
    2. dah ane kirim email ya bos.
      Sori lama banget. baru ketemu filenya. nyelip di folder yg namanya aneh. jadi ngga ketahuan.

      Delete
  3. Siang kak, boleh tolong kirim code program ke email saya ardo.fradiko@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. dah ane kirim email ya bos.
      Sori lama banget. baru ketemu filenya. nyelip di folder yg namanya aneh. jadi ngga ketahuan.

      Delete
  4. Pagi omm.Boleh minta coding nya?
    Andrie.dermawan99@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah ane email ya bos. Mudah mudahan bermanfaat. Makasih.

      Delete
  5. mas boleh share codingnya ? ini alamt email sy rahmatpurnomo64@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah ane email ya bos. Mudah mudahan betmanfaat. Makasih.

      Delete
  6. boleh share codingnya gan? email saya rusdielnino@yahoo.co.id
    saya pernah bikin juga dapet dari blog hanya saja pas mati lampu setingan ke reset jadi lampu yg tadinya on jadi off sebab eepromnya gak nyimpen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah ane email ya bos. Mudah mudahan betmanfaat. Makasih.

      Delete
  7. Mas boleh share program nya ?
    Ini alamat email saya maulanafaizal580@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah ane email ya bos. Mudah mudahan bermanfaat. Makasih.

      Delete
  8. Bang boleh minta program nyanyalamat email arispray25@gmail.xom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah ane email ya bos. Sori telat balas.
      semoga betmanfaat.

      Delete
  9. Mas boleh share program nya ?
    Ini alamat email saya
    officialrifki008@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dah ane email ya bos. Semoga bermanfaat.
      makasih.

      Delete
  10. Selamat pagi pak. Pak boleh share programnya pak ? ini email saya nurdianto3550@gmail.com. Terimakasih Pak, ma'af merepotkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan berkunjung ke channel youtube saya.
      https://www.youtube.com/watch?v=gbHIw7qdil0

      Terima kasih

      Delete
  11. halo mas, boleh codingnya mas? kalo boleh, mas boleh kirim ke firdaussagala17@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan berkunjung ke channel youtube saya.
      https://www.youtube.com/watch?v=gbHIw7qdil0

      Terima kasih

      Delete
  12. ini emailnya aribudiman04@gmail.com
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya email ya. maaf lama bgt responnya.
      makasih dah berkunjung.
      Mapir juga ke channel youtube saya ya.
      https://www.youtube.com/watch?v=gbHIw7qdil0

      Delete
  13. Bisa minta programnya kak ?
    ivanedpratama@gmail.com
    Terimakasih kak

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara membuat gelombang sinus dengan PWM arduino (Make a sine wave with PWM arduino)

Cara menggunakan tombol keypad pada LCD shield (How to use keypad on LCD shield)